Pantai Sekongkang - Panorama Surga Tersembunyi Sumbawa

Pantai Sekongkang Sumbawa. Letak Pulau Sumbawa yang strategis selalu menghasilkan wisata alam yang luar biasa. Surga tersembunyi Sumbawa. Itulah ungkapan yang cocok untuk menggambarkan sekilas tentang Pantai Sekongkang.  Meski berada tersembunyi di sudut barat daya Sumbawa, tidak menyurutkan niat para wisatawan untuk mengunjungi Pantai Sekongkang, khususnya penggemar surfing. Bisa jadi wisatawan mencanegara lebih mengenal Pantai Sekongkang daripada wisatawan domestik dan salah satu penyebabnya adalah si 'Ombak Yoyo'.
Pantai Sekongkang
Pantai Sengkongkang berada di Desa Sekongkang Bawah, Kecamatan Sekongkang, Kebupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Berada sekitar 37 kilometer dari Taliwang, 55 kilometer dari Pelabuhan Poto Nano dan 3 kilometer dari Pantai Rantung.

Transportasi umum ke Pantai Sekongkang masih minim dan nyaris tidak ada. Pantai yang belum terlalu dikenal wisatawan ini bisa dicapai dengan beberapa cara. Berikut adalah cara menuju Pantai Sekongkang :
  1. Dari Terminal Mandalika bisa menggunakan bus Damri jurusan Mataram - Sekongkang.
  2. Menggunakan jasa penyewaan mobil.
  3. Menggunakan kendaraan pribadi. 
Dari Pelabuhan Poto Nano, perjalanan ke Pantai Sekongkang membutuhkan waktu sekitar empat jam. Jalur yang berkelok-kelok, naik-turun dan kontur tidak datar akan membuat perjalanan semakin panjang dan melelahkan. Namun, panorama Pantai Sekongkang akan membayar semua perjuangan anda.

Karakteristik Pantai Sekongkang tidak berbeda dengan Pantai Rantung, yaitu masih tampak sepi, alami dan dihiasi ombak yang aduhai. Ombak khas Pantai Sekongkang yang dijuluki 'Ombak Yoyo' inilah salah satu nilai plus Pantai Sekongkang. Ombak menantang dengan gerakan naik-turun disebut-sebut sebagai salah satu ombak terbaik di dunia. Tak heran jika daya tarik si 'Ombak Yoyo' telah mengundang pecinta surfing dari belahan dunia untuk mencoba sensasinya.
Ombak Pantai Sekongkang
Tidak hanya 'Ombak Yoyo' yang bisa memuaskan para surfer, pesona alam Pantai Sekongkang juga akan memuaskan para traveler. Hamparan pasir putih memanjang berbatasan air laut biru jernih yang dikelilingi perbukitan hijau, membuat pantai ini terlihat sangat cantik. Menikmati suasana pantai dengan berjalan-jalan di pesisir pantai juga cukup menarik. Namun, jangan lupa gunakan pelindung kepala untuk menghindari terbakar matahari. 
Sekitar 100 meter ke arah laut,  ada batuan karang dangkal yang bisa dilewati untuk menikmati gulungan ombak dari dekat, tapi disarankan untuk berhati-hati karena jalan lumayan licin.

Menikmati panorama pantai tidak sempurna bila tidak merasakan nuansa sunset. Sunset adalah momen romantis yang bisa dinikmati di Pantai Sekongkang. Tidak perlu kawatir mencari penginapan, karena di kawaasn pantai sudah dibangun hotel maupun cottage yang akan membuat liburan anda di Pantai Sekongkang lebih memuaskan. Anda tentu tidak ingin menikmati pantai yang aksesnya penuh perjuangan, hanya dalam satu hari saja bukan ?

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pantai Sekongkang - Panorama Surga Tersembunyi Sumbawa"

Posting Komentar