Cantiknya Bajo Pulo Sumbawa yang Tersembunyi

Bajo Pulo Sumbawa. Tak salah jika Indonesia disebut sebagai negara kepulauan. Selain lima pulau besar, gugusan pulau-pulau kecil senantiasa menghiasi perairan Indonesia. Terdapat berbagai pulau di Nusa Tenggara Barat yang mampu membuat wisatawan terkagum dengan pesonanya, bahkan beberapa pulau kecil nan indah itu sudah terkenal hingga mancanegara seperti Gili Trawangan, Pulau Moyo, Pulau Satonda dan lain sebagainya. Bajo Pulo merupakan sebuah pulau wisata yang masih sangat alami dan patut disandingkan dengan pulau-pulau terkenal di Nusa Tenggara Barat lainnya.
Bajo Pulo
Bajo Pulo berada di Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Berjarak sekitar 45 kilometer sebelah timur kota Bima. Sudah ada beberapa transportasi yang bisa digunakan untuk sampai ke Bajo Pulo dan itu tergolong mudah. 

Rute ke Bajo Pulo bisa ditempuh dari Kota Bima menuju ke terminal bus lokal dan menaiki bus tujuan Pelabuhan Sape yang memakan waktu sekitar 2,5 jam. Setelah di Pelabuhan Sape, carilah perahu nelayan yang akan mengantar ke Bajo Pulo dengan lama perjalanan sekitar 15 menit. 

Tempat wisata Bajo Pulo dihuni oleh penduduk mayoritas suku Bajo dan suku Bima yang berpencaharian sebagai nelayan dan jasa pengantaran kapal ke pulau-pulau di sekitarnya. Oleh karena itu, kegiatan nelayan seperti budidaya rumput laut, memelihara ikan dalam keramba di tengah laut dan kegiatan melaut bisa disaksikan secara langsung.

Pantai Bajo Pulo ada di bagian selatan dimana pasir putih panjangnya nya dibatasi barisan pepohonan hutan kelapa yang menambah kesejukan di area wisata Pantai Bajo Pulo. Pantainya yang bersih, pasir putih dan air laut yang jernih sangat menyejukkan mata, apalagi ketika mamandang biota laut nampak dari permukaan air yang bening. Jika belum puas, para biota laut yang beragam siap menyapa wisatawan di dalam air, segeralah snorkeling !
Pesisir Bajo Pulo
Selain pesona pasir putihnya, kokohnya deretan pegunungan karang akan menjadi pemandangan menarik yang bisa disaksikan. Terdapat juga sebuah telaga bernama Telaga Bidadari yang disebut masyarakat Bajo 'Telaga Ana Fari'. Telaga ini berupa gua dengan cekungan yang kering pada musim kemarau.

Menantikan terbit dan terbenamnya sang surya juga momen menarik yang ditunggu-tunggu wisatawan. Naik ke bukit dan melihat hamparan perbukitan berbatu yang dikelilingi lautan menampakkan pemandangan alam yang luar biasa. Tiupan angin sejuk mungkin bisa membuat wisatawan lupa jalan untuk kembali. Jadi, tertarik untuk berangkat ?

Tips Berwisata ke Bajo Pulo Sumbawa :
  1. Ketika sampai di bajo Pulo, laporlah pada ketua adat setempat. Anda bisa sekaligus meminta tolong untuk mencarikan rumah penduduk yang bisa ditempati jika ingin bermalam.
  2. Hormati adat istiadat masyarakat setempat.
  3. Bawalah pelindung dari sinar matahari karena saat siang cuaca begitu panas.
  4. Jika ingin ke Telaga Bidadari, mintalah diantar masyarakat setempat.
  5. Penerangan di Bajo Pulo hanya bergantung pada mesin genset yang dihidupkan hingga jam 23.00. Jika ingin bermalam, jangan lupa powerbank.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Cantiknya Bajo Pulo Sumbawa yang Tersembunyi"

Posting Komentar