Pantai Nambung - Sensasi Air Terjun Tanjung Jagog

Pantai Nambung Lombok. Air terjun sekaligus pantai jarang ditemui di tempat wisata di Indonesia. Selain di Pulau Jawa, pantai yang memiliki air terjun juga berada di Lombok. Uniknya, air terjun air asin ini terbentuk karena hempasan ombak yang besar, sehingga mengalir dengan begitu indahnya. Fenomena unik inilah yang ada di Pantai Nambung.
Air Terjun Pantai Nambung
Pantai Nambung merupakan salah satu tempat sebagai budidaya rumput laut. Tak jarang ketika mengunjungi Pantai Nambung, jejeran rumput laut ada di bibir pantainya. Hamparan pasir cokelat seperti butir merica, deretan batu karang, air laut yang bi akan menjadi sajian yang indah bagi para wisatawan.

Pantai Nambung berbatasan dengan dengan Samudra Hindia. Merupakan pantai selatan yang berbatasan dengan samudra, ombak di pantai ini sangat besar dan beberapa titik bisa dijadikan lokasi selancar.

Untuk melihat fenomena air terjun, hanya perlu berjalan santai ke ujung Pantai Nambung. Hamparan pasir dan bebatuan akan menjadi medan terjal untuk menuju ke air terjun. Jika tidak ingin berjalan kaki, wisatawan bisa menyewa perahu sembari menikmati pesona Pantai Nambung.
Batuan yang Harus Dilalui
Di ujung pantai, ada sebuah batu karang yang berdiri kokoh, bertahan dari terpaan ombak yang selalu menghempasnya. Ketika gemuruh ombak terdengar dan menghempas batu, itulah fenomena yang ditunggu-ditunggu wisatawan dan kameranya. Air dari balik karang mengalir keluar seperti sebuah air terjun yang cukup mempesona, inilah Air Terjun Tanjung Jagog. Karena fenomena ini, Pantai Nambung mulai dilirik wisatawan domestik maupun mancanegara. Air terjun yang tercipta tidak bisa diprediksi besar kecilnya, jadi wajib berhati-hati ketika berada di area Air Tejun Tanjung Jagog ini.

Di balik batu karang yang menjulang itu pula terdapat kolam alami, kolam dari air laut yang terjebak di cekungan karang yang juga air laut dari air terjun Tanjung Jagog itu sendiri.

Lokasi Pantai Nambung

Pantai Nambung terletak di Dusun Pengantap, Desa Buwun Emas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Akses

Akses menuju Pantai Nambung Dari kota Mataram bisa ditempuh dengan motor atau mobil dengan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Dari Mataram menuju ke Gerung dan dilanjutkan rute ke arah Pelabuhan Lembar. Di pertigaan Segenter (Lembar), beloklah kiri menuju Sekotong. Sampai di Sekotong Tengah yang ditandai dengan adanya kantor polisi sektor Sekotong, beloklah kiri melewati jalur Teluk Sepi dengan jalan yang sudah beraspal.

Setelah melewati tanjakan serta turunan ke arah Teluk Sepi, di pertigaan Pasar Buwun ambil jalan lurus ke arah timur. Sebelum Pantai Nambung, pemandangan pantai yang indah akan tampak dengan beberapa pulau kecil di tengahnya, Lanjutkan perjalanan hingga sampai di Pantai Nambung.
Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena rute yang dilalui cukup terjal, atau bisa menggunakan jasa charter mobil di wilayah Gerung.

Fasilitas

Karena mulai ramai dikunjungi wisatawan, beberapa warung mulai ada di sekitar pantai. Perahu nelayan juga ada untuk menuju ke air Terjun Tanjung Jagog.

Postingan populer dari blog ini