5 Wisata Pantai di Jember yang Wajib Dikunjungi

Wisata Pantai di Jember yang Wajib Dikunjungi. Jember merupakan bagian dari provinsi Jawa Timur yang berbatasan dengan Kabupaten Bondowoso dan Probolinggo di sebelah utara, Kabupaten Lumajang di sebelah barat, Banyuwangi di sebelah timur dan Samudra Indonesia di sebelah selatan. Karena berbatasan dengan Samudra Indonesia, jember memiliki daya tarik wisata pantai yang memamerkan keindahan alamnya dan sangat menarik untuk dikunjungi. 

Berikut wisata pantai yang populer di Jember :

1. Tanjung Papuma

Pantai Papuma merupakan wisata yang sangat populer di Jember. Terletak di Desa Sumberejo, kecamatan Ambulu, 30 kilometer ke arah selatan kota Jember. Pantai ini memiliki pasir putih yang indah dengan pepohonan rimbun di tepi pantai. Pengunjung bisa menikmati karang di tengah laut yang kokoh dari tepi sungai atau naik ke Sitihinggil dimana pengunjung bisa melihat keindahan pantai selatan papuma yang dihiasi karang kokoh nan indah di tengah laut. Ada sebuah goa di sekitar pantai yaitu Goa lawa. Goa yang mempunyai kedalaman sekitar 30 meter ini hanya bisa dimasuki ketika air laut sedang surut.
pantai papuma
Tanjung Papuma

2. Pantai Watu Ulo

Lokasi pantai Watu Ulo bersebelahan dengan Pantai Papuma. Disebut sebagai Watu Ulo (Batu Ular) karena ada sekumpulan batu karang memanjang dari pesisir pantai ke laut yang mirip dengan ular jika dilihat dari kejauhan.Keindahan pantai tidak jauh dengan Pantai Papuma karena lokasinya yang berdekatan. Pada tanggal 1-10 syawal masyarakat mengadakan larung sesaji ke laut sebagai ucapan syukur.
pantai watu ulo
Pantai Watu Ulo

3. Pantai Puger

Pantai Puger termasuk salah satu pantai di Jember yang ramai dikunjungi.Terletak di desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, 40 kilometer arah barat laut kota Jember. Situs wisata yang terkenal dengan pasar lelang ikan ini dikenal sebagai desa nelayan sehingga lokasi ini cocok bagi mereka yang hobi memancing. Selain melihat keindahan laut, pengunjung bisa melihat perahu tradisional di sekitar pantai atau memancing di laut menggunakan perahu. Pengunjung juga bisa mengunjungi pantai kucur menggunakan perahu  nelayan.
pantai puger
Pantai Puger

4. Pantai Bandealit

Pantai Bandealit terletak desa Andongrejo, kecamatan Tempurejo, 60 kilometer arah selatan kota Jember. Pantai ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri, oleh karena itu pengunjung juga bisa melihat hewan yang berkeliaran di sekitar lokasi. Karena ombak yang tenang, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan seperti body surfing, kano dan speedbood bahkan memancing. Selain melihat berbagai satwa  yaitu berbagai burung dan rusa timor di penangkaran, pengunjung bisa melihat koleksi bunga anggrek yang ada di green house.
pantai bandealit
Pantai Bandealit

5. Pantai Paseban

Pantai Paseban terletak di kecamatan Kencong, 52 kilometer ke arah barat laut Kota Jember. Pantai yang memiliki ombak tenang ini, wisatawan bisa mandi di laut, berselancar santai, sun-bathing, memancing maupun voli pantai. Menikmati sunset di Pantai Paseban yang menawan tidak boleh disia-siakan begitu saja karena sunsetdi Pantai Paseban inilah yang membuat kebanyakan wisatawan terpesona. Selain menikmati sunset, wisatawan juga bisa melihat Pulau Nusa Barong di sisi selatan.
pantai paseban
Pantai Paseban
Itu adalah 5 pantai wisata di Jember yang populer dengan pesona menawan dan juga akses yang mudah dijangkau. Bisa menjadi destinasi wisata ketika berkunjung ke Jember, Jawa Timur dan berakhir pekan.

Baca Juga :
Pantai Pangandaran - Cantiknya Pantai Terbaik di Pulau Jawa
6 Wisata Pantai Populer di Trenggalek


Share :

Facebook Twitter Google+

2 Responses to "5 Wisata Pantai di Jember yang Wajib Dikunjungi"