Pantai Plengkung Banyuwangi - G-Land Favorit Para Surfer

Pantai Plengkung Banyuwangi. Pantai Plengkung atau yang lebih dikenal dengan G-Land adalah salah satu pantai yang ada di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi. G-Land sendiri mengandung arti yang bermacam-macam. Kata "Grajakan", nama dari sebuah teluk, teluk Grajakan. Kata "Green", karena letaknya di tepi hutan tropis yang hijau. Kata "Great" karena ombaknya yang besar dan penuh tantangan. Selain itu disebut G-Land karena pantainya melengkung mirip huruf G.
pantai plengkung
Pantai Plengkung
Pantai Plengkung sangat terkenal di kalangan para peselancar karena ombaknya yang sangat tinggi dan besar. Pantai Plengkung diakui sebagai spot surfing terbaik di Asia Tenggara dan ombaknya masuk di jajaran "The Seven Giant Waves Wonder". Ombak yang begitu besar merupakan hasil pengarus arus Antartika yang terbawa Samudra Hindia. Ombaknya bisa mencapai 8 meter dengan panjang 2 kilometer dan mempunyai formasi tujuh bersusun. 

Ada 3 tingkatan ombak yaitu Kong Waves (6-8 meter), Speedis Waves (5-6 meter) dan Many Track Waves (3-4 meter) yang biasanya digunakan untuk pemula. 
Jika tidak ingin berselancar, ada kegiatan menarik lain yang bisa dilakukan di pantai Plengkung. Wisatawan selain berselancar bisa menikmati pemandangan laut. Hamparan pasir putih yang indah dan gelombang yang tidak ada putusnya adalah pesona yang menarik. 

Jika ingin menonton para surfer bermain dengan ombak lebih baik menggunakan teropong untuk menikmati keseruan tersebut atau bisa menyewa perahu jongkong yang bisa diisi 4 orang yang akan membawa wisatawan ke tengah laut menyaksikan aksi para surfer. Meski memiliki ombak yang selalu ada sepanjang tahun, bulan April-Agustus adalah bulan ketika ombak lautnya mencapai puncak tertinggi. 
Wisatawan bisa trekking menyusuri Taman Nasional Alas Purwo dengan bersepeda maupun jalan kaki untuk melihat habitat di dalamnya, snorkeling, memancing, diving, caving atau melihat penangkaran penyu. Meski sunrise di pantai Plengkung tidak terlalu bagus karena tertutup gunung, setidaknya disinilah bisa menyaksikan matahari terbit pertama di pulau Jawa.

Lokasi Pantai Plengkung

Pantai Plengkung terletak di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Akses

Menuju ke Pantai Plengkung dapat dicapai dengan perjalanan darat dari Surabaya menuju Banyuwangi. Bisa juga menggunakan transportasi udara dan mendarat di Bhandara Blimbingsari dan sampainya di Banyuwangi, ambil perjalanan menuju Taman Nasional Alas Purwo.
Ada dua rute ke Pantai Plengkung dari Banyuwangi :
  1. Banyuwangi - Kalipahit - Pasar Anyar - Pancur. Di pos Pancur harus menaiki kendaraan 4-wheels drive karena kondisi jalan yang tidak mulus dan tidak mungkin dilewati mobil biasa. Perjalanan sekitar 1,5-2 jam untuk sampai di Pantai Plengkung
  2. Jalur darat - laut melalui Benculuk, 35 kilometer dari Banyuwangi. Dari Benculuk menuju Grajakan dan menyewa speed boat menuju Pantai Plengkung

Fasilitas

Pantai Plengkung dilengkapi oleh fasilitas yang cukup lengkap mulai ldari bar, restoran, bungalow, jungle camp dan ada juga penyewaan papan selancar yang semuanya ditawarkan dalam bentuk dollar Amerika. Ada tida camp di sekitar pantai Plengkung untuk turis asing yaitu G-Land Surf & Resort, Joyo's Surf Camp dan Bobby's Surf Camp.

Share :

Facebook Twitter Google+

3 Responses to "Pantai Plengkung Banyuwangi - G-Land Favorit Para Surfer"

  1. Wah mantap , rekomendasi buat ane sama temen ane surfing asik kayanya tuh

    BalasHapus
  2. pengen kesana gan, sprtinya bagus :D

    BalasHapus