Pantai Pandawa - Keunikan Secret Beach Pulau Bali

Pantai Pandawa Bali. Pulau Dewata, Bali, memang menyimpan banyak wisata pantai yang sangat menarik dan tidak ada habisnya untuk menghabiskan waktu liburan. Selain pantai Kuta yang menjadi ikon wisata pantai di Bali, pantai Pandawa juga bisa menjadi destinasi wisata setelah pantai Kuta karena lokasinya yang satu area yaitu di Kuta selatan.
Pantai Pandawa
Pantai Pandawa yang terletak di balik perbukitan kapur sering disebut sebagai secret beach (pantai rahasia). Ada dua tebing yang sangat besar di sekitar pantai ini yang pada salah satu sisinya dipahat lima patung Pandawa dan Dewi Kunthi, untuk itulah pantai ini disebut sebagai pantai Pandawa.

Pantai Pandawa tidak terlalu ramai seperti pantai Kuta maupun pantai Legian, namun keindahan yang disajikan tidak kalah indah dengan wisata pantai lain yang populer di Bali. 
Hamparan pasir putih bersih dengan warna laut yang biru kehijauan membuat siapapun betah berlama-lama di Pantai Pandawa. Pantai yang menghadap ke timur ini memiliki pemandangan sunrise yang tak kalah dari pantai Sanur. Tak jarang terlihat wisatawan yang melakukan paralayang dari bukit Timbis melewati atas pantai. 

Selain bisa berenang, surfing dan bersantai di pinggir pantai, wisatawan juga bisa melihat pembudidayaan rumput laut yang dikerjakan pertani rumput laut yang sudah dilakukan masyarakat sekitar sejak tahun 1980'an.

Pantai Pandawa dijadikan lokasi upacara Malesti setiap tahunnya. Upacara Malesti adalah upacara adat dalam rangkaian peringatan hari raya Nyepi yang bertujuan menyucikan diri dari kesalahan dan perbuatan buruk di masa lalu.

Lokasi Pantai Pandawa

Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kutu Selatan, Kabupaten Badung.  Di kalangan mancanegara terkenal dengan Secret Beach, sedangkan masyarakat lokal mengenal denga nama pantai Kutuh.

Akses

Dari Bhandara Ngurah Rai akan menempuh perjalanan sekitar 18 kilometer dan melewati daerah macet yaitu di depan wisata GWK Jimbaran. Dari GWK lurus hingga perempatan dengan petunjuk arah jika lurus ke Dreamland Uluwatu dan jika ke kanan ke pantai Balangan, ambil belok kiri ke arah Nusa Dua dan ikuti jalan hingga ada pertigaan besar dengan petunjuk arah ke pantai pandawa/secret beach/Kutuh beach, belok kiri dan ikuti jalan. Akan ada papan petunjuk yang akan membawa ke lokasi wisata pantai Pandawa. Jalan sepanjang 1,5 kilometer dibangun membelah tebing kapur yang unik dengan patung pandawa di lubang-lubang tebing.

Belum ada transportasi umum yang melewati lokasi pantai Pandawa. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi, taksi atau dengan menyewa mobil atau motor.

Fasilitas

Di pantai Pandawa terdapat beberapa fasilitas yang menarik seperti kursi malas beserta payung yang bisa disewa untuk berjemur. Wisatawan bisa memanggil tukang pijat yang berkeliling di sekitar pantai.

Untuk yang bosan berjalan-jalan di sekitar pantai, perahu dayung juga disewakan untuk menyusuri jernihnya air laut pantai Pandawa. Tersedia juga jawa sewa kano untuk rekreasi air. Selain itu wisatawan juga bisa turut serta dalam penanaman rumput laut dengan para nelayan.

Di sekitar pantai terdapat deretan warung makan dan kios souvenir. Sedangkan untuk penginapan terdekat ada di kawasan Nusa Dua, sekitar 3 kilometer dari pantai Pandawa.

Baca Juga :
5 Pantai Menawan yang Tersembunyi di Bali
Pantai Pangandaran - Cantiknya Pantai Terbaik Pulau Jawa


Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pantai Pandawa - Keunikan Secret Beach Pulau Bali"

Posting Komentar