7 Wisata Pantai di Malang dengan Pesona Menawan

Wisata Pantai di Malang. Pesona keindahan alam pantai memang tidak ada duanya. Kota Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang mempunyai beberapa pantai yang cocok dijadikan destinasi wisata dengan keindahan yang menawan. Pantai-pantai di Malang Selatan yang sebagian besar sudah resmi dibuka menjadi tempat wisata ini selalu mengundang para wisatawan untuk menikmati tarian ombak khas pantai selatan yang aduhai.

Berikut pantai-patai di Kota Malang yang populer dengan pesona yang menawan:

1. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang adalah Pantai yang populer di Malang. Terletak di Desa Srigoco, Kecamatan Bantur. 70 kilometer berada di Kota Malang Selatan. Terdapat 3 pulau yang terdekat dengan pantai ini yaitu pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Tepat di atas pulau Ismoyo terdapat Pura Luhur Amertha Jati yang dihubungkan dengan jembatan setapak melalui pantai utama Balekambang. Karena keunikan ini, Pantai Balekambang sering disebut sebagai Tanah Lot'nya Jawa.

Sudah ada beberapa fasilitas di lokasi pantai seperti tempat makan, kios souvenir, penginapan, lahan parkir, toilet, camping ground, wahana permainan dan kantor informasi.
Baca : Pantai Balekambang - Pesona Tanah Lot'nya Pulau Jawa
pantai balekambang
Pantai Balekambang

2. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru memang terdengar biasa saja, namun bagaimana dengan Pulau Sempu yang ada di daerah Pantai Sendang Biru?. Pantai Sendang Biru terletak di Desa Sumber Agung, Sumbermanjing, Malang Selatan. Pantai ini terletak di Samudra Hindia dan terhalang oleh pulau eksotis yang bernama Pulau Sempu. 
pulau sempu
Segara Anakan Pulau Sempu
Di Sekitar Pantai Sendang Biru terdapat dermaga perahu untuk mengantar pengunjung menuju ke Pulau Sempu. Di Pulau Sempu ini wisatawan bisa menikmati segara anakan yang sangat indah. Pantai Sendang biru cukup terkenal di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara karena keindahan segara anakan'nya.

3. Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina masih satu jalur dengan pantai Sendang Biru dan jaraknya juga tidak jauh. Terletak di dusun Trowotratih, Desa Satiarjo, Sumbermanjing Wetan, Malang Selatan. Ada 3 Pulau di Pantai Goa Cina yaitu Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina dan Pulau Nyonya. Terdapat sebuah Goa di pantai ini yang konon pernah menjadi tempat kematian seorang Cina. Namun goa ini lebih mirip dengan batu karang yang menjorok ke dalam. Arus gelombang laut yang besar menyebabkan tidak ada perahu di tempat ini, tapi keindahan yang disajikan sangat memanjakan mata.
pantai goa cina
Pantai Goa Cina

4. Pantai Bajul Mati

Pantai Bajul Mati terletak di desa Bajulmati, Kelurahan Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan. Tidak cukup jauh dari lokasi pantai Goa Cina. Pantai Bajul Mati memiliki teluk-teluk indah. Selain itu pengunjung bisa melihat gugusan bukit di seberang pantai yang seperti "buaya mati". Ombak di pantai iki cukup besar dan tidak diperkenankan berenang. Di sebelah kiri ada hulu sungai yang bersatu dengan laut dan berbatasan dengan bukit, cukup menawan. Lokasi ini sangat cocok untuk kegiatan camping.
pantai bajul mati
Pantai Bajul Mati

5. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep terletak di desa Kedungsalam, kecamatan Donomulyo, 62 kilometer dari arah selatan kota Malang. Keindahan alam laut yang berpadu denagn tebing-tebing curam dan hutan lindung di sekeliling pantai membuat pantai ini layak untuk dikunjungi. Terdapat hamparan pasir luas dan diberi nama teluk putri dan pasir panjang.
Baca : Eksotisme Panorama Pantai Ngliyep
pantai ngliyep
Pantai Ngliyep

6. Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak terletak di kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, tidak jauh dari Pantai Balekambang. Pantai ini cukup luas dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar. Pengunjung bisa melihat beberapa karang pantai besar dan kokoh di tengah lautan. 
pantai kondang merak
Pantai Kondang Merak
Saat laut sedang surut, karang akan terlihat di permukaan air sehingga memperlihatkan koral dan gagang laut yang indah. Lokasi yang luas dengan ditumbuhi banyak pepohonan rindang serta adanya fasilitas tempat makan dan kamar mandi, membuat tempat ini juga cocok untuk lokasi camping.

7. Pantai Sipelot

Pantai Sipelot terletak di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Dampit Selatan, Malang. Lokasi pantai yang dikenal juga dengan nama Pantai Pujiharjo ini tersembunyi dan berada di sekeliling bukit kapur yang penuh tumbuhan hijau. Pantai ini memiliki bentuk seperti teluk dan memiliki air terjun kecil yang tingginya tidak lebih dari 10 meter bernama Coban Sipelot dan pengunjung harus menyeberangi teluk untuk ke lokasi air terjun menggunakan perahu nelayan di sekitar pantai. Karena ombak yang besar, pengunjung tidak disarankan untuk berenang di pantai ini.
pantai sipelot
Pantai Sipelot

Itu adalah 7 pantai yang populer dengan pesona menawan dan daya tarik masing-masing yang ada di Kota Malang, Jawa Timur. Akses menuju wisata pantai tersebut juga tidak cukup sulit dan cocok dijadikan destinasi wisata berakhir pekan.

Baca Juga : 
Pantai Plengkung Banyuwangi - G'land favorit para surfer
5 Wisata Pantai di Jember yang Wajib Dikunjungi


Share :

Facebook Twitter Google+

3 Responses to "7 Wisata Pantai di Malang dengan Pesona Menawan"

  1. Balasan
    1. thx gan,, kalau saya lebih suka kondang merak,, hehee :D

      Hapus
  2. Jawa timur memang tempatnya pantai pantai cantiiiikk

    BalasHapus