6 Wisata Pantai Populer di Trenggalek yang Wajib Dikunjungi

Wisata Pantai Populer di Trenggalek. Trenggalek adalah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur bagian selatan yang berbatasan dengan Ponorogo dan Tulungagung. Meski merupakan kabupaten yang sepi, Trenggalek juga menyimpan tempat wisata pantai yang indah. 

Berikut adalah wisata pantai populer dengan pemandangan indah di kabupaten trenggalek:

1. Pantai Prigi

Pantai Prigi terletak di desa Tasikmadu, kecamatan Watulimo, 69 kilometer arah selatan kota Trenggalek. Pantai Prigi adalah pantai paling populer di Trenggalek dan merupakan Pelabuhan Nusantara terbesar di pantai selatan jawa. Pantai Prigi terbagi 2 bagian, disisi barat adalah wisata pantai sedangkan bagian timur adalah Pelabuhan Kapal Nelayan.
pantai prigi
Pantai Prigi
Pengunjung bisa menikmati waktu dengan berenang, berkemah, olah raga, memancing, bermain air di pantai dan juga belanja ikan laut segar. Selain itu pengunjung bisa menyaksikan upacaran Larung Sembonyo tiap hari Minggu Pon bulan Selo. Fasilitas di Pantai Prigi sudah sangat memadai karena pantai ini paling sering dikunjungi wisatawan.


2. Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso terletak di dusun Karanggongso, desa Tasikmadu, kecamatan Watulimo, 3 kilometer dari Pantai Prigi. Pantai ini disebut juga Pantai Pasir putih dengan ombak yang relatif tenang sehingga cocok untuk berenang dan mandi. Pantai yang dikelilingi bentangan pasir putih ini dikelilingi panorama hijau deretan bukit yang menyejukkan mata. 
pantai karanggongso
Pantai Karanggongso
Di pantai Karanggongso juga diadakan Larung Sembonyo setiap bulan suro. Beberapa fasilitas sudah tersedia di wisata Pantai Karanggongso seperti cottage, hotel, perahu sewa, restoran kecil dan warung.


3. Pantai Pelang

Pantai Pelang terletak di desa Wonocoyo kecamatan Panggul, 57 kilometer barat daya kota Trenggalek. Di pantai Pelang terdapat air terjun dengan ketinggian 25 meter sekitar 300 meter di sisi barat laut. Pada jarak sekitar 100 meter di sisi timur terdapat wisata Goa dengan kedalaman kurang lebih 500 meter. 
pantai pelang
Pantai Pelang
Wisatawan bisa menaiki bukit yang sudah difasilitasi dengan gardu pandang untuk menikmati panorama lepas pantai Pelang. Berada di perbukitan hijau yang menyejukkan mata, ombak di pantai cukup besar dengan angin yang kencang sehingga wisatawan wajib berhati-hati ketika berenang di pantai.


4. Pantai Damas

Pantai Damas terletak di desa Karanggandu, kecamatan Watulimo, 5 kilometer di sisi barat daya Pantai Prigi. Pantai berpasir hitam ini masih sangat alami dengan garis pantai yang landai dan panjang. Terdapat bumi perkemahan yang luas dan teduh,cocok untuk camping  dan juga area pancing. 
pantai damas
Pantai Damas
Wisatawan bisa berenang, berselancar, voli pantai maupun menyewa perahu untuk menikmati pemandangan alam perairan Pantai Damas. Fasilitas seperti warung, kios souvenir, lahan parkir dan mata air sudah tersedia di sekitar wisata Pantai Damas.


5. Pantai Taman Kili-kili

Pantai Taman Kili-kili terletak di desa Wonocoyo, kecamatan Panggul, 3 kilometer di sisi timur Pantai Pelang dan dipisahkah oleh perbukitan dengan bebatuan karang yang terjal. Di Pantai ini terdapat konservasi permbudidayaan penyu yang bertujuan mengawal induk penyu yang selesai bertelur, memindahkan telur-telur ke lokasi konservasi, menampung dan memelihara anak penyu yang baru menetas dan melepas anak penyu ke laut. 
pantai taman kili-kili
Pantai Taman Kili-kili
Ada 4 jenis penyu yang dimiliki di Pantai Taman Kili-kili yaitu penyu hijau, penyu sisik, penyu lekang dan penyu belimbing. Kegiatan melepas anak penyu ke laut adalah kegiatan yang cukup menarik bagi wisatawan. Hamparan pasir di sepanjang tepi pantai tampak indah jika dinikmati saat sunset maupun sunrise.

6. Pantai Ngampiran
Pantai Ngampiran terletak di desa Tawing Kecamatan Munjungan, 53 kilometer ke arah selatan kota Trenggalek. Panoraman di Pantai Ngampiran sangat menawan. Berpasir putih dengan perpaduan ombak yang sedang dengan karang-karang yang tersebar disepanjang pantai merupakan pemandangan yang sangat menawan. 
pantai ngampiran
Pantai Ngampiran
Wisatawan bisa bermain, bersantai, berlayar, menyelam dan juga memancing. Sebagian besar pantai ini sudah untuk aktivitas nelayan dan wisatawan juga bisa menyewa perahu untuk menikmati panorama pantai Ngampiran. Fasilitas seperti pondok wisata, penginapan dan toilet sudah tersedia di sekitar tempat wisata Pantai Ngampiran.

Itu adalah 6 wisata pantai populer di Trenggalek dengan pemandangan indah dan akses yang tidak cukup sulit untuk dikunjungi sehingga bisa menjadi destinasi wisata ketika berkunjung ke Trenggalek, Jawa Timur.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "6 Wisata Pantai Populer di Trenggalek yang Wajib Dikunjungi"

Posting Komentar